-->

Bahaya Kekurangan Air Ketuban Di Masa Kehamilan

Bahaya Kekurangan Air Ketuban Di Masa Kehamilan
Ibu Hamil - segiempat.com

Wawasan Kehamilan. Air ketuban merupakan sejenis cairan yang sangat identik dengan wanita hamil. Pasalnya air ketuban ini hanya dapat dijumpai pada wanita ketika dia sedang hamil. Dalam tubuh seorang wanita hamil, air ketuban terdapat dalam sebuah kantong rahim. Air ketuban berfungsi sebagai pelindung bayi dari benturan luar dan juga sebagi tempat bayi itu tumbuh. Terdapat dua membran yang melapisi air ketuban, yaitu membran korion dan amnion. Kedua lapisan membran inilah yang menjaga kondisi bayi dalam rahim. Secara umum, air ketuban hanya akan keluar ketika sudah tiba saatnya proses persalinan. Akan tetapi, pada beberapa kasus yang memiliki kelainan, sebelum tiba proses persalinan air ketuban sudah berkurang. Alasan berkurangnya air ketuban di dalam kantong rahim ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan air ketuban berkurang akan dijelaskan di bawah.

Fungsi Air Ketuban

Sebagai pengetahuan bagi ibu hamil mengenai air ketuban dan apa fungsinya. Air ketuban pada kantung rahim setiap kehamilan normal jumlahnya sesuai dengan perkembangan janin dalam rahim pula. Air ketuban berfungsi sebagai pelindung janin agar dapat tumbuh secara normal di dalam rahim. Kandungan yang sering terkena benturan dari luar akan menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat, tidak normal dan bahkan juga dapat menyebabkan kecacatan pada bayi. 

Secara lebih rinci, dibawah ini disebutkan beberapa fungsi penting air ketuban bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam rahim. Diantaranya:

  • Air ketuban melindungi posisi janin ketika janin dalam keadaan terjepit atau keadaan yang berbahaya lainnya.
  • Air ketuban berguna untuk menjaga posisi janin dan melindungi janin ketika ibu hamil jatuh atau terpeleset.
  • Air ketuban juga akan menjaga agar asupan oksigen dari tali pusar selalu nyaman untuk janin.Air ketuban menjaga paru-paru janin agar tetap berfungsi dengan baik.
  • Melindungi janin dari pengaruh infeksi yang didapatkan dari ibu hamil atau makanan yang dikonsumsi ibu hamil.
  • Menjaga agar kondisi suhu dalam rahim tetap nyaman untuk janin.
  • Membuat janin tetap nyaman bergerak dan mendukung pertumbuhan tulang dan otot janin.
  • Melindungi sistem pencernaan dan pernafasan janin selama dalam kandungan

Jumlah Kandungan Air Ketuban 

Kekurangan air ketuban pada masa kehamilan memang akan membahayakan nyawa baik itu bagi ibu hamil ataupun janin yang terkandung didalamnya. Kekurangan air ketuban yang terjadi pada waktu trimester pertama dan kedua akan menyebabkan janin meninggal sebelum dilahirkan. Apabila kekurangan air ketuban terjadi pada masa trimester ketiga, akan berdampak pada masalah kelahiran pada proses persalinannya. Beberapa masalah yang akan dihadapi diantaranya bayi yang lahir sungsang, gangguan pernafasan pada bayi dan juga kematian pada bayi. Untuk mempertahankan agar bayi tetap selamat sampai dilahirkan dapat dilakukan dengan jalan operasi akan tetapi tetap saja merujuk pada kondisi ibu hamil sebelum melakukan tindakan operasi.

Baca juga: Gejala hamil
Powered by Blogger.